Jumat, 09 Desember 2016

Ulasan 2 - Microduino Marketing Director Interview (Alon Aloni)


Ulasan 2 – Mikroduino


Artikel ini ditulis oleh Rachmad Ardiansyah dan Tajghina Qatrunnada Firdaus akan menjelaskan tentang Microduino. Artikel ini berupa artikel review video yang bersumber dari YouTube yang dimiliki oleh channel Eli The Computer Guy yang berjudul “Microduino Marketing Director Interview (Alon Aloni)” yang dapat diakses melalui link https://www.youtube.com/watch?v=sCa8PlRey2I
Dalam Video tersebut dijelaskan mengenai apa itu Microduino. Alon Aloni selaku Marketing Director menjelaskan, Microduino adalah sebuah micro controller yang dapat melakukan proses komputasi dan dapat dipasangkan dengan berbagai sensor. Microduino dibuat berawal dari sebuah masalah yang ditemukan oleh sang co-Founder Bin Feng ingin menciptakan sebuah mikro kontroler untuk memantau suhu komputer server. Ia awalnya menggunakan Arduino (sebuah micro-controller) untuk memantau komputer tersebut. Namun ia menemukan masalah dimana Arduino menggunakan socket tradisional. Dan Sensor yang dipasang menggunakan Pogo pin tradisional dan harus di Solder.
Dari problem tersebut, Bin Feng ingin menciptakan sebuah micro-controller dengan ukuran ekstrim. Lahir lah sebuah produk bernama Microduino. Microduino lahir dibekali dengan pola “Lego Block”, magnet kuat, dan juga “Adaptive Pogo pin”. Jadi untuk menciptakan sebuah micro-controller dengan berbagai sensor, pengguna hanya perlu membongkar pasang tanpa menggunakan solder berkat teknologi pola lego dan juga magnetic nya. Microduino juga tersedia dalam paket yang disebut mCookies, dimana paket tersebut berisi core processor dan juga beberapa sensor. Selain kemudahan pemasangan, microduino juga dimudahkan dengan pembuatan program yang sifatnya drag and drop. Namun untuk para pengguna advance, mereka juga bisa meng-koding ulang dengan Hard code.
Konten dalam video tersebut bagus dan dapat memperkenalkan penonton nya dengan hal baru tentang Internet of Things (IOT). Namun dalam video tersebut, walaupun pemilik video tidak dibayar atas produk yang ia tanyakan, namun narasumber terkesan menjual produk nya dan hanya membahas kelebihan pada microduino. Dan alangkah baik nya jika narasumber tidak hanya memperlihatkan fisik dan memasarkan keunggulan produk nya, namun juga melakukan demo sederhana untuk pemasangan dan cara koding nya.

GitHub Account : https://github.com/tajghinafirdaus
GitHub Account : https://github.com/ardifasilkom
URL ulasan : http://ardifasilkom.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-1-microduino-marketing-director.html
URL video : https://www.youtube.com/watch?v=sCa8PlRey2I
Revisi pertama : Sabtu, 10 Desember 2016
Revisi terakhir : Sabtu, 10 Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar